Internet, tidaklah asing bagi sebagian orang. Istilah-istilah dalam internet sudah tidak asing lagi didengar seperti email, website hingga blog. Email digunakan sebagai suatu identitas di dunia internet, bahkan saat ini kehadiran sebuah blog menjadi pelengkap utamanya.
Blog pada mulanya semacam catatan harian, serangkaian komentar yang dipublikasikan di internet dan diatur untuk dibaca dalam urutan tanggal. Namun akhirnya berkembang menjadi media untuk menyampaikan berita, media informasi, media mempromosikan suatu produk dan lain sebagainya.
Isi sebuah blog dan kemampuan media internet untuk menyebarluaskan informasi tanpa dibatasi ruang dan waktu menjadi poin penting mengapa sebuah blog menjadi power untuk mengembangkan pasar dalam menjalankan bisnis.
Kini blog oleh sebagian orang menjadi salah satu sarana untuk kepentingan bisnis dan professional yang sedang berpromosi. Tidak heran sekarang penyedia iklan merambah ke dunia blog. Keunikan konten, keragaman dan kemampuan mengarahkan opini menjadi daya tariknya.
Beberapa website produk kelas dunia menyediakan blog aggregator untuk mereview produksnya. Pemilik bisnis menulis blog tentang topik-topik menarik bagi pelanggannya. Artis dan musisi dengan blog membantu para penggemarnya untuk lebih mengenal mereka.
Dengan kata lain blog dapat mendatangkan pemasukan lewat penjualan iklan, termasuk link afiliasi yang mempromosikan produk dengan link ke halaman-halaman penjualan. Di dunia online, afiliasi adalah orang yang merujuk calon pembeli ke situs penjualan. Apabila calon pembeli yang dirujuk jadi membeli, maka pemilik bisnis (penjual) akan memberi komisi sebesar yang telah ditentukan dari hasil penjualan. Banyak bisnis online yang membangun jaringan afiliasi untuk membantu mempromosikan produk atau jasa mereka. Secara tidak langsung akan meningkatkan profit bisnis yang bersangkutan.
No comments:
Post a Comment